Tips Menjaga Kualitas Makanan Terutama pada Catering Pernikahan

 

Picture

Pelaku usaha catering memang sangat banyak dengan jenis catering  yang bervariasi. Jenis catering antara lain catering pernikahan, catering rumahan, catering harian di Jakarta dan saat ini yang mulai banyak bermunculan adalah catering diet dan catering sehat.

Usaha catering memang cukup menjanjikan sehingga banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha ini. Walaupun jumlah pelaku usaha catering lumayan banyak, tapi prospek usaha catering ke depan tetap mentereng.

Meski begitu, agar usaha ini berkembang banyak hal yang patut diperhatikan. Di antaranya, menjaga mutu produk yang konsisten, pengembangan menu, pelayanan yang memuaskan, hingga harga yang kompetitif.

Semua aspek dalam persiapan usaha catering saling berkaitan mulai dari bahan dasar yang bermutu baik, pengolahan makanan dengan metode yang benar hingga SDM yang baik dan alokasi waktu yang tepat dalam pengiriman.

Bahan dasar sebaiknya pilihlah bahan yang segar dengan kualitas yang baik. Kualitas ini menentukan rasa akhir hidangan.

Cooking method atau teknik memasak juga haruslah yang benar, misalnya. Menurut Chef Bambang Widiatmoko, masaklah bahan makanan dengan mencicil sedikit demi sedikit. Ini karena jika terlalu banyak pastinya pematangan makanan tidak akan rata dan tidak sempurna.

Pematangan yang tidak sempurna akan membuat makanan cepat basi dan rusak. Untuk membantu mempercepat waktu pengerjaan dan dapat diantarkan sesuai target sebaiknya semua bahan sudah dipersiapkan sebelum dimasak.

Tips Menjaga Kualitas Makanan Dengan Baik Untuk Catering Pernikahan

Catering prasmanan memang memiliki identik makanan yang enak dan menjadi suatu keunggulan yang harus tetap terjaga.

Di dalam bisnis makanan seperti catering prasmanan, catering nasi kotak, jika kamu ingin memiliki usaha yang maju dan bertahan lama maka jangan sampai standar bahan baku dari resep atau menu yang sudah ditawarkan kepada konsumen berubah.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena standar bahan baku merupakan salah satu point yang penting yang harus diperhatikan sejak awal membuat menu.

Maka dari itu, mengetahui cara dalam menjaga kualitas makanan catering pernikahan di Jakarta sangatlah penting untuk dipelajari.

Berikut ini caranya :

  1. Memperhatikan harga yang akan ditawarkan, menentukan harga pokok porduk dari awal sebelum kamu menawarkannya kepada konsumen.
  2. Membuat tester yang sama rasanya saat acara berlangsung, namun jangan sesekali kamu melebihkan bahan baku saat ada konsumen melakukan test makanan dan saat acara berlangsung, Hal ini sangat penting untuk menjaga nama baik dari catering yang kamu miliki.
  3. Saat proses pemasakan hindari sayuran matang diawal, karena sayuran akan lebih cepat basi dibandingkan menu lainnya.
  4. Selalu konsisten dengan bumbu makanan, kamu bisa membuat standar bumbu masakan permenunya. Sehingga bumbu akan selalu konsisten dan citarasanya tidak berubah.
  5. Hindari menutup masakan saat masih panas, karena uap panas akan tertimbun dimasakan panas, yang akhirnya menyebabkan makanan cepat basi atau kurang fresh.

Beberapa tips di atas merupakan tips yang sangat umum dan menjadi tips yang sudah wajib diketahui oleh penyedia jasa catering prasmanan, nasi kotak catering, catering pernikahan, dan lainnya.

Untuk konsumen yang hendak menikah pun setidaknya bisa mengetahui beberapa tips ini, karena ini merupakan hal dasar. Supaya saat ada masalah dari jasa catering pada paket pernikahan Jakarta kamu bisa mengetahui penyebabnya.

Itu dia beberapa tips dalam menjaga kualitas makanan untuk usaha catering prasmanan di Depok dan catering prasmanan di Tangerang. Supaya citarasa makanan yang disajikan untuk tamu nantinya bisa terjaga dengan baik dan tamu yang makan pun merasa puas dengan makanan yang disajikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s