Cara Mengembangkan Jasa Catering Dengan Membuat Jaringan Kerjasama Dengan Vendor Bidang Lain

Bisnis catering adalah salah satu bisnis yang mulai banyak diminati masyarakat Surabaya. Apalagi kini, memulai bisnis catering tidak harus memiliki modal yang cukup besar. Dengan modal yang kecilpun ternyata sudah bisa memulai bisnis catering. namun tentu saja ada beberapa cara memulai bisnis catering bagi yang ingin mencobanya.

Dalam memulai sebuah bisnis katering harian, pertama-tama kita harus memantapkan niat terlebih dahulu lalu mempelajari tentang usaha ini sebanyak mungkin. Menimba ilmunya bisa dari pelaku usaha yang sudah berpengalaman berbisnis di dunia Catering maupun dengan ikut pelatihan. Salah satu alasan bisnis  catering  merupakan bisnis yang akan terus ada karena kebutuhannya yang selalu meningkat. Jadi, bisnis catering  adalah bisnis yang cocok bagi yang ingin mulai memfokuskan diri untuk berwirausaha.

Dan jika kamu bingung harus memulai bisnis ini darimana dan bagaimana cara memulai bisnis catering tersebut kamu bisa memulai dari menentukan jenis catering apa yang akan kamu buat bisa catering Khusus, Kantoran, Rumahan, Anak, Pernikahan dll. Yang kedua adalah modal karena modal  keuangan dan modal mental sangatlah penting untuk memulai usaha karena seberapa besar modal inilah yang menentukan banyaknya keuntungan yang akan didapatkan. Saya ambil contoh disini adalah salah satu jasa catering di Surabaya

Setelah menentukan jenis catering yang akan dibuat dan menentukan modal, langkah selanjutnya adalah mencari supplier karena supplier adalah hal penting yang harus di dapatkan jika ingin berbisnis  catering karena dengan adanya suplier ini, bisa mendapatkan barang kebutuhan catering dengan harga yang lebih murah, contoh supplier yang bisa diajak bekerja sama adalah Supplier Beras, SupplierAyam PotongSupplier Sayuran dan lainnya yang berhubungan dengan bahan dasar makanan.

Selain itu kamu juga perlu membuat jaringan kerja sama dengan vendor bidang lain, ada baiknya bekerja secara bersama-sama sebagai sebuah tim. Jadi, carilah partner untuk bisnis anda. Seperti yang disebutkan jenis catering tadi salah satunya jenis catering pernikahan, maka bisa melakukan kerjasama dengan vendor Wedding Organizer Surabaya. Selain bekerja sama dalam bidang pernikahan, kita juga bisa membuka kerja sama dengan Jasa Angkut Barang untuk memudahkan dalam proses pengiriman makanan dan dalam bentuk kerja sama lainnya.

Dengan adanya jaringan kerjasama ini tentunya kedua belah pihak sangat diuntungkan karena sama-sama melengkapi. Jadi, carilah parner yang bergerak didalam bidang tersebut dan buatlah kerjasama sehingga bisnis catering  bisa terlihat sangat lengkap. Selain bekerja sama, bisa juga untuk membuka cabang usaha baru dari usaha  catering yaitu dengan membuka usaha Sewa Peralatan Catering untuk menambah pendapatan dan peluang bisnis lainnya.

Setelah semua itu dilakukan, sekarang tinggal menentukan tim marketing sebagai ujung tombak dari segala aktifitas bisnis. Tanpa tim marketing, sebuah bisnis akan sepi pelaggan bahkan kemungkinan untuk gulung tikar diusia muda sangatlah mugkin terjadi. Agar itu tidak terjadi pada catering yang dimiliki, rekrutlah orang-orang yang memiliki basic sebagai marketing yang akan mengurusi segala permasalahan dan pemasaran bisnis catering kita. Jika memang untuk merekrut mereka terbentur dengan biaya, latihlah kerabat atau teman atau saudara yang memiliki kepandaian dalam bicara untuk menjadi tim marketing kita,

Marketing akan selalu menjadi ujung tombak dari perusahaan, sehingga saat ini tnggal bagaimana marketing itu bisa bekerja. Itulah cara memulai bisnis catering yang bisa dijadikan panduan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s